Kamu Perlu Tahu Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis

blogger templates

Advertisement

Sebab menggunakan membuka bisnis di tempat yg strategis tentu saja akan membuat bisnis yang kalian jalankan akan lebih cepat berkembang. Semakin lokasi yg anda gunakan berada di daerah strategis, semakin semakin tinggi pula penjualan dari bisnis yang kalian tawarkan, entah itu di bidang perdagangan barang maupun jasa, begitu pun sebalinya.

ciri lokasi usaha strategis

Nah sang sebab itu sebelum kalian sahih sahih mendirikan sebuah usaha, alangkah baiknya memastikan apakah lokasi yang akan anda dirikan suatu usaha tadi strategis ataukah nir, bukan hanya buat pada saat ketika ini saja, melainkan rupawan pula dimasa mendatang, sebab usaha yang bagus adalah bisnis yg mampu bertahan & berumur panjang.

Baca juga : Inilah daftar pekerjaan sampingan dengan gaji mahal

Untuk bisa memperoleh lokasi usaha yang terbaik maka anda perlu melakukan beberapa survey & sedikit riset terhadap lokasi yg kalian bidik. Anda bisa membandingkan lokasi yang anda bidik dengan lokasi lain buat mengetahui mana yang potensial dan mana yang tidak. Anda pula perlu mengukur berdasarkan segi dana yg akan digunakan buat menyewa / membeli lokasi yang dimaksud, apakah mencukupi ataukah nir, sebab lokasi strategis pada umumnya di patok menggunakan harga jual / sewa yg mahal.

Apabila anda masih resah dalam memilih lokasi usaha yang strategis, dibawah ini sudah kami rangkumkan panduan dalam memilih lokasi bisnis dan mempertimbangkannya.

Memilih Lokasi Usaha Dan Bisnis Yang Strategis

1. Analisa Tingkat Kepadatan Penduduk

Sebuah lokasi usaha yang mendukung perkembangan suatu bisnis dapat diukur dari jumlah kepadatan penduduk disekitarnya. Dengan jumlah penduduk yang banyak, maka hal ini dapat membuat roda bisnis anda dapat tumbuh dengan cepat, hal ini dikarenakan banyaknya ketersediaan konsumen di sekitar lokasi. Anda bisa mencoba membandingkan antara usaha yang didirikan di lokasi ramai dan di lokasi sepi, biasanya bisnis yang berjalan di lokasi sepi ini hanya memiliki segelintir konsumen, begitu pun sebaliknya.

2. Analisa Pendapatan Penduduk Sekitar Lokasi

Pendapatan dari penduduk yang tinggal disekitar lokasi usaha juga sangat mempengaruhi seberapa tinggi tingkat konsumtif mereka didalam menjalani sebuah rumah tangga, dengan penghasilan yang rata rata nya besar, bisa dipastikan pengeluaran mere pun juga sama besarnya. Inilah alasan kenapa membuka bisnis di lokasi padat penduduk dengan rata rata penghasilan mereka yang tinggi, membuat usaha cepat berkembang dan juga laris manis. Usaha yang paling bagus untuk lokasi seperti ini ialah membuka usaha kuliner, maupun loundry dan lain sebagainya.

3. Tingkat Keramaian Lalu Lintas

Memang tingkat keramaian lalu lintas di jalan bukan merupakan faktor penting namun wajib untuk anda pertimbangkan juga, mengingat jika anda membuka usaha di lokasi yang lalu lintas kendaraan sepi kemungkinan calon pelanggan anda hanyalah warga sekitar saja, namun jika lalu lintas di jalan tempat usaha anda berdiri lumayan ramai, maka tingkat kesuksesan dalam berwira usaha bisa terkerek naik. Sebagai contoh untuk usaha dengan lalu lintas yang ramai ialah cuci sepeda motor dan mobil, usaha jualan pakaian, usaha jual beli ban dan velg dan lain sebagainya.

4. Usaha Yang Mendukung Sekitar Lokasi

Kemungkinan lokasi yang akan anda jadikan sebagai lokasi usaha sudah banyak bisnis bisnis yang berdiri disana, sehingga berdampak langsung terhadap peningkatan jumlah konsumen. Nah karena konsumen sekarang pada umumnya tidak membeli hanya satu jenis barang saja, sehingga untuk membeli barang lain mereka harus pindah dari satu lokasi ke lokasi lain. Nah jika usaha anda mendukung segala kebutuhan yang diperlukan di sekitar lokasi tersebut, maka konsumen hanya akan berbelanja di tempat usaha anda karena lebih lengkap dari yang lainnya.

Baca juga : Inilah peluang usaha kaki lima untung menggila

5. Tingkat Persaingan Yang Rendah

Faktor persaingan bisnis juga menjadi penentu sukses tidaknya dalam berwira usaha, karena semakin kecil tingkat persaingan bisnis, maka semakin besar kesempatan anda dalam memonopoli suatu perdagangan. Anda bisa membandingkan dengan mereka yang membuka usaha dengan tingkat persaingan sejenis yang tinggi, dibutuhkan sebuah inovasi untuk menarik minat calon konsumen agar lebih memilih membeli di tempat mereka. Bila anda yakin mampu bersaini di lokasi yang demikian tidak jadi masalah, namun bila ragu ragu sebaiknya anda hindari lokasi usaha yang seperti ini.

6. Tingkat Keamanan Sekitar Lokasi

Lokasi usaha yang kurang aman tentu saja akan membuat para konsumen menjadi was was dan memilih menghindari untuk membeli barang atau jasa di lokasi bisnis anda, oleh sebab itu sebaiknya anda memilih lokasi usaha yang terjamin keamanannya agar calon pembeli tidak merasa was was lagi saat berbelanja di tempat anda. Selain faktor keamanan, ketersediaan lahan parkir saat ini juga sangat berpengaruh besar terhadap berkembangnya bisnis / usaha. Lokasi yang rawan akan tindak kejahatan seperti pencurian kendaraan, penodongan dan lain sebagainya sangat tidak direkomendasikan untuk dijadikan lokasi usaha.

7. Kemudahan Akses Menuju Lokasi

Sebuah lokasi usaha yang memiliki akses yang sangat mudah dijangkau tentu akan menjadi bahan pertimbangan yang utama, bukan saja akses yang mempermudah konsumen dalam menjangkaunya, namun juga bagi anda pelaku bisnis seperti pemilik pabrik, memilih lokasi yang mudah dilalui kendaraan transportasi pengangkut barang seperti truk dan kontainer tentu sangat disarankan. Dengan memilih lokasi usaha yang mudah dijangkau baik konsumen maupun anda sebagai pelaku usaha, hal ini dapat membuat roda bisnis bisa berjalan dengan sangat lancar.

8. Faktor Kebersihan Sekitar Lokasi

Faktor kebersihan lokasi disekitar tempat usaha memang sangat disarankan, terutama bagi anda pelaku bisnis kuliner yang wajib selalu menjaga kebersihan lokasi. Maka dari itu sebaiknya hindari membuka usaha di lokasi yang kumuh, namun jika ternyata di lokasi yang kumuh tadi lumayan berpotensi untuk dijadikan tempat usaha, alangkah bagusnya jika anda mengajak pelaku usaha lain disekitar untuk menjaga kebersihan lingkungan, sehingga nantinya di lokasi tersebut tidak lagi kumuh. Dengan lingkungan yang bersih membuat para konsumen menjadi lebih nyaman untuk datang di tempat usaha kita tanpa kuatir mereka merasa jijik.

Selain lingkungan yang bersih, anda pula harus menomor satukan kebersihan di lokasi bisnis yg kalian dirikan, terutama jika anda membuka bisnis rumah makan, warung, warkop, kios atau toko harus senantiasa menjaga kebersihan, lantaran dengan lingkungan serta lokasi usaha yg bersih mampu membuat para pelanggan anda setia buat selalu tiba.

Baca Juga : Cara ampuh meningkatkan omset berjualan

Memang dalam memilih lokasi usaha gampang mudah telah, semoga tips diatas dapat kalian jadikan pedoman pada menentukan lokasi usaha dan bisnis yg strategis, semoga berguna & silahkan dibagikan.

Advertisement

0 Response to "Kamu Perlu Tahu Tips Memilih Lokasi Usaha Yang Strategis"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda,semua masukan yang membangun sangat saya harapkan
mohon dengan sangat agar komentar anda
1.sopan
2.Tidak berbau SARA
3.Tidak SPAM
jadilah komentator yang bijak,bagi yang melanggar ketentuan di atas,komentar akan kami hapus tanpa persetujuan Sahabat
Terimakasih