Kamu Perlu Tahu Olahan Produk Baru Tomat, Mensiasati Ketika Harga Tomat Jatuh

blogger templates

Advertisement

Kadang kala saat masa panen datang terjadi hal yang sangat nir di inginkan yakni anjloknya harga buah tomat yang bahkan bisa mencapai Rp 200 / kg. Sehingga menciptakan para petani down dan menentukan tidak memanen tomat mereka dan eksklusif dibajak supaya butir tomat tadi sanggup sekalian menjadi pupuk.

tomato

Padahal jika mereka mampu mencari peluang dengan mengolah pulang butir tomat yg tidak laris tersebut sebagai produk baru tentu sanggup memberikan peluang balik modal hingga keuntungan yang berlipat ganda.

Salah satu cara mensiasati murahnya buah tomat diantaranya adalah sebagai berikut.

1.Dijadikan saos

Tentu kita mengenal sekali dengan yang namanya saos, yakni bahan tambahan pangan berupa saus yang berasal dari buah tomat. Kita bisa mengolah tomat menjadi saus dan menjualnya ke pasar / toko.

2.Dibuat manisan kurma tomat ( torakur )

Ini adalah salah satu cara mensiasati murahnya tomat dengan mengolahnya menjadi manisan yang mirip dengan buah kurma namun berbahan dasar tomat. Caranya cukup mudah, cukup dengan membelah buah tomat menjadi 2 bagian kemudian membuang bijinya. Selanjutnya tomat tadi direbus didalam air gula aren dan di jemur . Harga jual manisan tomat ini pun bisa mencapai Rp 5.000/bungkus mika.

3.Mengolah tomat sebagai dodol

Nah kalau yang satu ini adalah jenis makanan dengan tekstur yang kenyal dan lembut dimulut dan berasa manis. Bahan membuat dodol antara lain adalah garut, nanas, durian, apel dan lain lain,termasuk buah tomat. Jadi kenapa tidak dibuat dodol saja dari pada dibuang hasil panenannya.

4.Mengolah tomat menjadi selai.

Salah satu cara mensiasati harga buah tomat yang murah ini kita bisa menjadikannya selai dan dijual kembali ke pasaran dengan harga yang tentu saja lebih tinggi. Untuk cara membuat selai tomat hampir sama dengan cara membuat selai nanas ataupun stroberry.

Baca juga : Meraup untung besar dari budidaya edamame

Sebenarnya masih banyak sekali cara yang dapat kita lakukan guna mensiasati harga tomat yang murah dengan jalan membuat sebuah produk baru berbahan dasar tomat yang memiliki nilai jual jauh lebih tinggi.

Advertisement

0 Response to "Kamu Perlu Tahu Olahan Produk Baru Tomat, Mensiasati Ketika Harga Tomat Jatuh"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda,semua masukan yang membangun sangat saya harapkan
mohon dengan sangat agar komentar anda
1.sopan
2.Tidak berbau SARA
3.Tidak SPAM
jadilah komentator yang bijak,bagi yang melanggar ketentuan di atas,komentar akan kami hapus tanpa persetujuan Sahabat
Terimakasih