Kamu Perlu Tahu Cara Membuat Telur Asin Burung Puyuh Dan Peluang Usahanya

blogger templates

Advertisement

Peluang usaha membuat telur asin burung puyuh - telur burung puyuh walaupun kecil dan mungil ternyata juga menyimpan banyak sekali protein yang jumlahnya berkali lipat dari protein yang biasa kita temukan di dalam produk hewani lainnya. Dan telur burung puyuh ini pun juga banyak disukai oleh banyak orang dan bisa diolah menjadi berbagai aneka masakan tentunya.

Nah selain itu telur burung puyuh jua bisa dijadikan telur asin layaknya telur bebek atau itik, hanya saja bedanya terletak dalam ukurannya yg berbeda. Dan ketika ini masih sedikit orang yang mau membuat telur asin berdasarkan telur burung puyuh ini dengan alasan terlalu rumit dan beresiko pecah sebab kulit telur puyuh ini memang sangat tipis sekali jika dibandingkan dengan telur bebek. Dan tentu saja lantaran persaingan yang masih sedikit ini sanggup kalian manfaatkan buat dijadikan sebagai peluang bisnis. Nah dalam edisi kali ini kami akan menunjukkan tips cara membuat telur asin menurut burung puyuh, dan perkiraan peluang bisnis berdasarkan menciptakan telur asin burung puyuh ini. Untuk selengkapnya silahkan disimak yg dibawah ini.

peluang usaha membuat telur asin dari burung puyuh

Cara Membuat Telur Asin Dari Burung Puyuh

1. Mempersiapkan indera & bahan menciptakan telur puyuh asin

Pertama silahkan persiapkan bahan baku untuk membuat telur asin yang diantaranya adalah sebagai berikut :

  • Telur puyuh berkualitas baik
  • Garam secukupnya
  • Baskom air untuk membersihkan telur
  • Serbuk batu bata / serbuk sekam bakar
  • Baskom plastik kotak untuk tempat pengasinan

Baca juga : Rincian estimasi usaha membuka jasa potong rambut, hasilnya menggiurkan loh !!!

2. Pembersihan telur puyuh menurut kotoran

Setelah semua bahan dan peralatan diatas sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah dengan membersihkan telur dari kotoran yang menempel pada kulitnya. Caranya silahkan rendam telur didalam baskom yang berisi air ( hangat ) dan biarkan kurang lebih selama 15 sampai 30 menit agar kotoran yang menempel di kulit telur melunak dan mudah dibersihkan. Selanjutnya bersihkan setiap kotoran yang menempel, kemudian bilas telur tadi kedalam baskom lain yang berisi air bersih dan terakhir di lap.

tiga. Membuat pasta / campuran pengasin telur

Setelah proses membersihkan telur selesai, langkah selanjutnya adalah membuat pasta dari campuran garam dan serbuk batu bata atau campuran garam dengan serbuk sekam bakar silahkan pilih salah satu media yang mudah kalian temukan saja. Untuk ukuran perbandingannya antara garam dan sekam bakarnya adalah 1 : 2 . Contoh 1 kilo gram garam dicampur dengan 2 kilo gram sekam bakar, kemudian diaduk sampai tercampur rata dan kemudian tambahkan air sedikit demi sedikit sembari diaduk aduk dan menjadi pasta.

4. Proses pengasinan

Untuk proses pengasinan ini sama halnya dengan kita mengasinkan telur bebek, namun khusus untuk mengasinkan telur burung puyuh ini perlu kehati hatian yang ekstra mengingat kulit telurnya lebih rapuh ketimbang telur bebek. Untuk mengasinkan telur puyuh ini kita akan merendam semua telur kedalam pasta pengasin tadi. Siapkan baskom kotak, siram sedikit lapisan pasta kedalam baskom kurang lebih setebal 2 mm dan ratakan, kemudian masukkan telur telur puyuh tadi kedalamnya, tata dengan baik dan terakhir siram kembali telur yang tadi menggunakan pasta sekam bakar + garam secara merata. Bila kalian memiliki banyam telur yang akan diasinkan, kalian bisa membuat susunan telur sebanyak 2 lapis atau lebih dengan proses yang sama. Simpan ditempat terbuka dengan suhu ruangan selama kurang lebih 5 sampai 7 hari dan setelah itu telur puyuh asin bisa dipanen.

5. Pemanenan telur asin burung puyuh

Untuk proses memanen pun kalian juga harus melakukannya dengan hati hati, ingat telur puyuh mudah sekali retak. Ambil telur telur yang telah diasinkan dengan hari hati, bersihkan telur dari pasta pengasin yang mungkin sudah agak mengeras dengan cara bisa memasukkan air kedalam baskom tadi sehingga pasta yang sedikit mengeras bisa melunak dan kalian dapat dengan mudah mengambil telur telur asin yang akan dipanen. Ambil, bilas dan keringkan. Telur yang telah diasinkan bisa langsung kalian jual secara mentah atau merebusnya terlebih dahulu baru dikemas kedalam plastik kemasan dan dijual.

Baca juga : Ingin sukses, berhentilah menjadi karyawan dan baca yang menarik disini

Estimasi Usaha Telur Asin Burung Puyuh

Dibawah ini merupakan perkiraan menurut usaha telur burung puyuh asin per harinya jika kalian bisa memproduksi minimal 10kg telur puyuh merupakan menjadi berikut.

Modal pembelian telur burung puyuh per Kg merupakan 20.000 dengan jumlah telur sebesar 10Kg @100 buah telur merupakan 10 x 20.000 = 200.000

Perkiraan kerusakan telur selama proses pengasinan merupakan 10% x 1000 butir = 100 butir, sehingga kemungkinan telur yang sukses diasinkan sebesar 900 dari 1000 buah.

A. Apabila dititipkan di warkop / toko dengan harga 1500 per bungkus & setiap 1 kemasan terdiri menurut 4 buah telur puyuh adalah :

Jumlah bungkus yg dijual & laba dari output penjualan

900 : 4 butir x 1500 = 337.500 rupiah.

Total keuntungan harian berdasarkan output penjualan telur burung puyuh asin adalah selisih harga jual menggunakan kapital yg dikeluarkan :

= total penjualan - modal pembelian

= 337.500 - 200.000

= 137.500 rupiah per hari.

Total laba selama 1 bulan nya adalah

keuntungan per hari x 30 hari

= 137.500 x 30

= 4.125.000

B. Jika kalian menjualnya dalam kemasan mika berisi 10 butir telur menggunakan harga per mika @4500 merupakan sebagai berikut:

Modal

pembelian telur asin = 200.000

Pembelian bungkus mika = 50.000

Total modal yang dikeluarkan = 250.000

Total kemasan yg akan dijual

= 900 butir : 10 butir

= 90 kemasan

Harga jual per bungkus @4500

Total hasil penjualan

= 90 kemasan x 4500

= 400.500

Keuntungan bersih per hari

Total penjualan - total kapital

= 400.500 - 250.000 = 155.000 / hari.

Keuntungan higienis per bulan

= keuntungan bersih perhari x 30

= 4.650.000

Diatas merupakan perkiraan sederhana jika kalian mampu menghasilkan setidaknya 10Kg telur asin burung puyuh, bila kalian sanggup menghasilkan lebih maka penghasilan kalian juga bisa lebih besar berdasarkan estimasi diatas.

Tips

  • Sebelum benar benar melakukan produksi skala besar, buatlah dahulu produksi berskala kecil minimal 1kg dulu. Kalian bisa mencobanya sendiri bagaima rasa yang dihasilkan, apakah sudah pas atau belum sebelum benar benar dipasarkan. Bila kurang asin kalian bisa menambah waktu pemeraman dari yang semula 5 sampai 7 hari menjadi 8 sampai 10 hari, ingat semakin lama telur diperam maka kadar garam yang akan meresap kedalan telur akan semakin tinggi dan telur akan terasa semakin asin.
  • Selalu berhati hatilah selama proses pengasinan mengingat kulit telur puyuh ini tipis dan rapuh sehingga rawan sekali pecah.
  • Pergunakan sebaik mungkin telur asin sampel yang kalian buat tadi untuk dikenalkan baik ke tetangga, keluarga atau beberapa toko / warkop yang akan kalian jadikan sasaran untuk target penjualan nantinya.

Baca juga : Simak strategi penjualan paling ampuh disini

Nah itulah tadi bagaimana cara menciptakan telur asin berdasarkan burung puyuh serta peluang usaha berdasarkan menciptakan telur asin burung puyuh yang mampu kalian coba. Untuk besaran harga beli telur pada masing masing kota tentu tidak selaras, oleh sebab itu harga jual nantinya jua sanggup diubahsuaikan menggunakan harga beli telur pada lokasi anda. Selamat berusaha dan salam sukses.

Advertisement

0 Response to "Kamu Perlu Tahu Cara Membuat Telur Asin Burung Puyuh Dan Peluang Usahanya"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda,semua masukan yang membangun sangat saya harapkan
mohon dengan sangat agar komentar anda
1.sopan
2.Tidak berbau SARA
3.Tidak SPAM
jadilah komentator yang bijak,bagi yang melanggar ketentuan di atas,komentar akan kami hapus tanpa persetujuan Sahabat
Terimakasih