Kamu Perlu Tahu Apa Itu Petok D ? Pengertian Status Tanah Petok D

blogger templates

Advertisement

Dalam edisi kali ini kita akan fokus membahas apa itu tanah yang berstatus petok D , untuk status lainya akan kita bahas di kesempatan berikutnya.

Pada jaman dahulu pada tahun 1960 an nilai kuantitas berdasarkan petok D setara menggunakan surat kepemilikan tanah saat ini alias sama dengan sertifikat tanah ( ingan ini jaman dahulu loh ya ), namun seiring bertambahnya tahun serta adanya perubahan tentang undang undang pertanahan, petok D ketika ini hanyalah berfungsi sebagai pertanda bukti bahwa pemegang petok D ini sudah membayar pajak atas tanah yg tercantum didalam petok tersebut.

tanah petok d

Sehingga bila kita lihat menurut segi aturan, kekuatan nya sangatlah lemah dibandingkan dengan sertifikat tanah ketika ini.

Namun ternyata banyak warga yg tidak mengetahui secara jelas fungsi berdasarkan petok D ini dan mereka menduga bahwa petok D ini sama halnya dengan sertifikat tanah, & berdasarkan ketidak tahuan rakyat inilah banyak para oknum nakal yang memainkan petok D ini pada transaksi jual beli tanah. Bahkan banyak orang yang tertipu lantaran ternyata petok D yg dianggap surat berharga itu ternyata ada yang kembar ( palsu ) sebagai akibatnya poly orang yg dirugikan dengan hal semacam ini.

Lalu bagaimana cara membeli tanah menggunakan status petok D yg sahih & bukan penipuan?

Caranya mudah, silahkan anda bawa petok D si penjual ke kantor desa atau kelurahan dari lokasi tanah yang akan anda beli, silahkan ditanyakan apakah identitas yang ada didalam petok D tersebut benar dan tercatat pada catatan induk pertanahan setempat ataukah fiktif.

Apakah tanah berstatus petok D sanggup pada uruskan sertifikat SHM ?

Tentu saja bisa diuruskan sertifikat dengan prosedur pengurusan yang disyaratkan.

Nah, semoga artikel ini dapat memberikat manfaat bagi anda yang kebingungan mencari arti tanah petok D .

Baca juga Siapkan hal ini sebelum anda membuka usaha sendiri

Advertisement

0 Response to "Kamu Perlu Tahu Apa Itu Petok D ? Pengertian Status Tanah Petok D"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda,semua masukan yang membangun sangat saya harapkan
mohon dengan sangat agar komentar anda
1.sopan
2.Tidak berbau SARA
3.Tidak SPAM
jadilah komentator yang bijak,bagi yang melanggar ketentuan di atas,komentar akan kami hapus tanpa persetujuan Sahabat
Terimakasih