Kamu Perlu Tahu Peluang Usaha Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah

blogger templates

Advertisement

Jamur merang mempunyai nama latin Volvariella Volvacea ini diklaim menggunakan nama fungi merang karena dalam jaman dahulu poly sekali ditemukan tumbuh diatas residu sekam padi output penggilingan,yang lalu dicoba buat dijadikan bahan makanan. Karena cita rasanya yang lezat ,kenyal serta bernilai nutrisi tinggi inilah yg lalu banyak orang membudidayakan fungi merang .

Seiring bergantinya ketika & tehnik budidaya,fungi merang ini tidak hanya bisa ditanam melalui media tanam berupa sekam padi saja,tetapi dapat ditanam pula dalam media tanam seberti kardus.Karena bahan yg satu ini sangat mudah dihasilkan.

jamur merang
Sumber gambar : anneahira.Com

Harga per kilo dari jamur merang ini berkisar antara 9.000 hingga 12.000 rupiah per kilogram bila melalui pengepul. Bila saja anda dapat menjual langsung kepada calon konsumen harganya pun dapat lebih tinggi lagi hingga tembus 20.000 per kilogram nya. Coba hitung bila penghasilan panen anda per hari mencapai 10Kg/hari maka penghasilan anda dalam satu bulan keuntungan yang dapat anda peroleh minimal adalah 3 juta rupiah. Wah tentu sangat menggiurkan bukan bisnis budidaya jamur merang ini?. Bila anda tertarik untuk mencoba menjadi pembudidaya berikut adalah tata cara membudidayakan jamur merang :

Persiapan Lahan Budidaya Kumbung.

Kumbung adalah homogen bangunan / petak yg sengaja dibuat buat kegiatan budidaya jamur,tidak hanya fungi merang kumbung pula bisa digunakan menjadi loka budidaya jamur apapun.

Bentuknya hampir seperti seperti tempat tinggal kaca,anda dapat menciptakan bangunan semi permanen menggunakan bahan bambu / besi & dinding mampu menggunakan plastik. Jika anda terdapat kapital lebih mampu juga menciptakan bangunan permanen. Buat permulaan anda dapat membuat bangunan ini menggunakan berukuran 6 meter x 4 meter dan dengan tinggi 3 meter. Didalam bangunan kumbung terdapat dua butir rak pada kiri & dikanan yang terbuat dari bambu,fungsi berdasarkan rak ini nantinya untuk menata media tanam,rak sanggup dibuat hingga tiga taraf atau diubahsuaikan dengan bentuk bangunan kumbung & daya jangkau tangan waktu akan memanen .

kumbung budidaya
Asal gambar : kaskus.Co.Id

Jika anda memiliki keterbatasan kapital cukup buat petakan kecil seperti kolam ikan saja buat memberikan media tanam.

Bahan Media Tanam :

  • Jerami dan sekam padi.
  • Air kapur sirih.
  • daun kelapa anyam sebagai alas menata jerami diatas rak.

Pembibitan Jamur Merang.

  • Cari benih / bibit jamur merang pada tumpukan jerami sisa panen ( biasa disawah banyak ) atau anda dapat membeli bibit jamur merang ke penjual yang ada didaerah anda.
  • Cincang kecil kecil jamur merang tersebut untuk dijadikan bibit,masukkan kedalam wadah dan sterilkan dengan cara menyiram dengan air hangat.
  • Aduklah sekam padi kedalam wadah tadi kemudian tutup wadah tersebut dengan rapat dan biarkan berfermentasi selama kurang lebih 4 hari.
  • Setelah proses fermentasi selesai,silahkan anda buka tutup wadah tersebut,silahkan anda perhatikan bila didalam terbentuk serat jaring laba laba berarti pembibitan berhasil. Namun bila tidak menemukan yang dimaksud berarti proses gagal dan anda harus mengulang prosesnya dari awal.

Cara Budidaya fungi merang.

Setelah semua persiapan selesai dibuat,saatnya anda mulai melakukan pengkomposan media tanam caranya adalah menjadi berikut :

  • Campurkan bahan tanam berupa abu sekam,sekam padi serta jerami kemudian siram menggunakan air kapur sirih dan biarkan menjadi kompos selama kurang lebih 4 hari ( disebut proses pengkomposan ).
  • Setelah proses kompos selesai,silahkan tata media tanam diatas bedengan yang sebelumnya telah dialasi setinggi plus minus 20cm dari permukaan lantai.
  • Taburkan bibit yang telah anda buat tadi diatas permukaan kompos media tanam,setelah ditabur rata silahkan anda tutup lagi permukaan media tanam yang telah diberi bibit menggunakan sekam padi ( jangan terlalu tebal ).
  • Setelah itu bisa anda siram dengan alat penyiram bunga atau sejenisnya setiap pagi dan sore hari selama satu minggu ( anda dapat menambahkan 2 sendok makan pupuk urea kedalam 20 liter air guna mempercepat tumbuhnya jamur.
  • Dalam tempo 2 minggu setelah pembibitan maka akan tumbuh benih benih jamur merang.

Proses Panen jamur merang.

Dalam pemanenan,yg dipanen adalah jamur yang masih dalam keadaan kuncup,sehingga jangan sampai jamur merang ini tumbuh sampai mengembang,sesudah epilog kuncup robek saat itulah waktunya buat memanen.

Jamur merang bukanlah jenis bahan pangan yang bisa disimpan dengan ketika yg usang,dengan demikian setelah anda panen usahakan pribadi anda jual atau anda olah sebagai asinan atau dikeringkan bila menginginkan masa simpan yang lama .

Nah itulah tersebut cara membudidayakan fungi merang,perkiraan pada setiap 45 kilogram media tanam jerami akan menghasilkan lebih kurang 14 kilogram jamur merang segar .

Advertisement

0 Response to "Kamu Perlu Tahu Peluang Usaha Jamur Merang Hasil Jutaan Rupiah"

Post a Comment

Silahkan masukan komentar anda,semua masukan yang membangun sangat saya harapkan
mohon dengan sangat agar komentar anda
1.sopan
2.Tidak berbau SARA
3.Tidak SPAM
jadilah komentator yang bijak,bagi yang melanggar ketentuan di atas,komentar akan kami hapus tanpa persetujuan Sahabat
Terimakasih